Perjalanan Haji

Dana Tabungan Haji dapat dipergunakan untuk melakukan perjalan ibadah haji dengan memilih jasa travel yang di percaya serta berkuliatas baik. Biasanya dengan memilih penawaran harga biaya haji plus dapat sangat menguntungkan para jemaah. Keuntungan tersebut misalnya; dalam hal fasilitas penginapan yang tidak jauh dari Masjidil Haram. Bagi umat Islam, melaksanakan haji mungkin merupakan rukun Islam yang kelima dan juga rukun Islam sebelumnya.

Beberapa ritual wajib harus dijalankan. Untuk memulainya, kita harus mengutarakan niat kita di dalam hati untuk melakukan haji; Hal ini kami ketahui sebelumnya meskipun di dalam pesawat, ketika itu benar-benar tur lebih dari Qarnul Manazil, Arab Saudi, sekitar 2 jam ke depan dari pendaratan.

Ritual kedua adalah melakukan tawaf haji. Kami memasuki Masjidil Haram, masjid suci, melalui Gerbang Raja Abdul Aziz atau Gerbang #1. Saat mengamati Ka’bah, saya mengaku pada diri sendiri: “Terima kasih Allah telah mengizinkan saya menjadi tamu Anda”. Sesaat sebelum melaksanakan tawaf, jemaah haji benar-benar perlu membaca niat sebelum Hajar al-Aswad atau mungkin Hajar Aswad di dalam dinding Ka’bah. Kami kemudian berjalan mengelilingi Ka’bah dalam tujuh kasus berlawanan arah jarum jam, melewati Makam Ibrahim dan Hijir Ismail.

Melakukan sa’i haji di bukin safa dan Marwah adalah ritual ketiga. Di Safar, dengan perjalanan melalui Kaabah, kita dianjurkan untuk membaca niat kita melaksanakan sa’ie haji dan mulai mengembara di jalan Marwah, sekitar 420 meter, dan kembali lagi. Tujuh momen ini kami lakukan untuk menjadi sebuah hasil yang harus kami simpulkan di Marwah. Di Marwah, kita menutup acara haji keempat kami dengan memotong rambut kami (ditentukan sebagai tahalul); membaca niat kami untuk berpisah dari mengenakan ihram. Pria dewasa  perlu memotong setidaknya tiga helai di rambut mereka, berukuran sekitar 2,5 cm, ketika itu akan lebih panjang untuk wanita. Sebenarnya sangat penting bahwa setiap ritual harus dilakukan secara berurutan.

Untuk jumlah hari, apabila masih tersisa waktu sebelum  menunaikan haji yang sesuai dengan ketentuan. Kita semua disarankan untuk menabung cukup waktu untuk meningkatkan ibadah-ibadah keagamaan, terutama dengan melakukan salat, lima waktu setiap hari, menelusuri al-Quran serta membaca banyak doa hanya di dalam Masjidil Haram. Telah diakui bahwa shalat yang dilakukan di masjid ini sebenarnya seratus ribu keadaan lebih besar dari tempat lain.Tidak lupa dalam  setiap kesempatan para jemaah di sarankan untuk minum air zam zam setelah habis berdoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *